Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Puluhan Mahasiswa ITP2I Gelar Demo di Kantor Bupati Pelalawan, Tuntut Janji Pembangunan Kampus

Rabu, 17 Juli 2024 | 19:57 WIB Last Updated 2024-07-17T12:57:09Z

 

PELALAWAN, ELITNEWS.COM - Kantor Bupati Pelalawan, Riau, menjadi pusat ketegangan hari ini ketika puluhan mahasiswa Institut Teknologi Perkebunan Pelalawan Indonesia (ITP2I) melakukan aksi demo unjuk rasa sebagai bentuk protes atas janji pembangunan kampus yang belum terealisasi Rabu, 17 Juli 2024.



Aksi yang dimulai pagi hari ini dipicu oleh kekecewaan mahasiswa terhadap janji Bupati Pelalawan untuk membangun kampus ITP2I yang hingga kini belum terwujud. Para demonstran menuduh Bupati telah mengingkari janjinya dan menuntut penjelasan konkret terkait rencana pembangunan.


Presiden Mahasiswa BEM ITP2I selaku koordinator umum, Meldianto, menegaskan sikap para pengunjuk rasa. "Kami menolak tuntutan ditandatangani oleh Sekda. Harus Bupati yang menemui dan menandatangani langsung komitmen pembangunan kampus," ujarnya di tengah-tengah massa.


Selanjutnya, dalam orasinya, koordinator lapangan Muhammad Roja dan Ahmad Faiza menyuarakan bahwa tidak ada janji Bupati Pelalawan yang terealisasi untuk kampus mereka. Ironisnya, pada tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Pelalawan malah mengalokasikan dana besar sebesar Rp 9 miliar untuk pembangunan perpustakaan daerah di lokasi yang awalnya dijanjikan untuk pembangunan gedung kampus ITP2I.


Wakil Presiden Mahasiswa selaku Jendral Lapangan, Dhea Kurnia Insan Hasibuan, menegaskan bahwa aksi ini seharusnya sudah sejak lama dilakukan, namun di tahun ini mereka merasa bahwa Pembina Yayasan sekaligus Bupati Kabupaten Pelalawan dianggap tidak serius dalam pembangunan kampus ITP2I seperti yang dijanjikan pada tahun 2022.


Situasi sempat memanas ketika terjadi kericuhan di depan kantor Bupati. Saksi mata melaporkan adanya dorong-mendorong antara mahasiswa dan petugas keamanan. Meski demikian, tidak ada laporan cedera serius.


Sumber di lapangan mengindikasikan bahwa Bupati Pelalawan enggan menghadapi massa aksi, yang semakin memperkeruh suasana. Sikap ini dianggap oleh mahasiswa sebagai bukti ketidakseriusan pemerintah daerah dalam merealisasikan janji pembangunan kampus.


Hingga sore hari, massa aksi masih menduduki kantor Bupati Pelalawan, menuntut dialog langsung dan komitmen tertulis dari Bupati. Pihak kepolisian setempat telah memperketat pengamanan untuk mencegah eskalasi konflik.


Pihak pemerintah daerah belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait tuntutan mahasiswa dan rencana pembangunan kampus ITP2I. Masyarakat Pelalawan menunggu langkah selanjutnya dari kedua belah pihak untuk menyelesaikan kebuntuan ini. *****

×
Berita Terbaru Update