Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Operasi Gabungan Pemadaman Karhutla Berhasil, Dipimpin Kapolres Pelalawan

Selasa, 30 Juli 2024 | 10:25 WIB Last Updated 2024-07-30T03:25:56Z

 

PELALAWAN, ELITNEWS.COM,- Kapolres Pelalawan AKBP Afrizal Asri, SIK memimpin operasi pemadaman yang berhasil mengatasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Kuala Terusan, Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Senin (29/07/2024). Operasi melibatkan 90 personil dari Polri, TNI, BPBD, Damkar, MPA Desa, dan tim PT Pesaowan Raya, dengan menghadirkan sejumlah pejabat penting seperti AKP Viola Dwi Anggraeni, SIK dan Iptu Kristofel, STrk.,SIK. 



Meskipun dihadapkan dengan kendala lahan gambut kering dan angin kencang, tim berhasil memadamkan api setelah dua hari berjuang. Langkah selanjutnya termasuk proses pendinginan dan pemasangan Police Line untuk mencegah kebakaran kembali.


Meningkatnya suhu panas di provinsi Riau beberapa hari terakhir menyebabkan  munculnya beberapa titik panas di beberapa kecamatan di Kabupaten Pelalawan. Salah satunya  terjadi di kelompok tani Tanjung Mandiri, Desa Kuala terusan Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. 


Operasi pemadaman bersama tim gabungan di kelompok tani Tanjung Mandiri, Desa Kuala terusan Kecamatan Pangkalan Kerinci melibatkan sebanyak 90 Personil gabungan yang terdiri dari Polri, TNI, BPBD, Damkar, MPA Desa Kuala terusan dan tim Damkar  PT Pesaowan Raya.  


Karhutla di ketahui warga Pada Minggu (28/7/ 2024) sekira pukul 12.00 Wib di Desa Kuala Terusan Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, dengan Koordinat ; 0,3478420, 101,8444590, yang merupakan lahan gambut di tumbuhi tanaman liar dengan luas lebih kurang 5 (lima) hektar.


Proses Pemadaman di lakukan dengan menggunakan 1(satu) unit mesin Mini striker Damkar berikut peralatan, 2 (Dua) Unit mesin Portable Damkar berikut peralatan,1 (satu) unit selang induk dan 1(satu) unit selang isap air.


 Kapolres Pelalawan AKBP Afrizal Asri SIK menyampaikan bahwa  tim gabungan masih berupaya melakukan pemadaman dan pendinginan di lokasi karhutla di Desa Kuala Terusan. Berbagai kendala di hadapi oleh tim gabungan di lapangan seperti lokasi lahan gambut kering sulit air dan angin yang berhembus kencang, mengakibatkan api mudah menyebar sehingga mempercepat meluasnya kebakaran di lokasi tersebut. Namun selama lebih kurang dua hari tim berjibaku dan saling bahu membahu akhirnya pada Senin (29/07/2024) api berhasil di padamkan.


Kapolres menghimbau kepada masyarakat dan pelaku usaha pertanian agar meningkatkan kesiagaan dan lebih berhati hati serta waspada mengingat iklim serta cuaca yang cukup panas akhir akhir ini dan agar tidak melakukan aktifitas pertanian dengan cara membakar.***

×
Berita Terbaru Update